Minggu, 21 September 2014

Manajemen Aset - Chapter 1

Pengertian Manajemen Aset

Dalam pengelolaan suatu kekayaan diperlukan ilmu manajemen yang khusus dan spesifik mengelola kekayaan (asset ) seperti yang kita ketahui banyak asset yang tidak maksimal dalam pemanfaatanya, disini sangat diperlukan kompentsi pengelola asset atau manager asset. Untuk saat ini di indonesia pengelolaan aset physic masih belum diimplementasikan dengan baik. Bukan hanya perusahaan tapi juga di melihat potensi yang harus dikelola manajeman aset sangat spesifik mengatur dan mengelola kekayaan pemerintahan. Sebagai contoh banyak aset milik daerah tidak secara maksimal memberikan profit atau benefit .

· Definisi Manajemen adalah suatu proses pengelolaan sumber daya mulai dari sumber   daya manusia, finansial, fisik, dan informasi  melalui POLC untuk mencapai tujuan yang efektif

· Definisi Aset adalah suatu kekayaan yang berwujud ataupun tidak berwujud yang memiliki nilai ekonomis, komersial, dan nilai tukar dimiliki pribadi atau instansi untuk  membantu tercapainya tujuan.

Setelah memahami definisi manajemen dan definisi aset maka kita dapat mengetahui apa itu manajemen aset. Berikut pengertian manajemen aset menurut beberapa ahli : 

1. Prawoto mengemukakan bahwa“Manajemen aset adalah kombinasi dari manajemen, keuangan, ekonomi, tehnik mesin dan praktek kerja yang diterapkan pada aset fisik dengan tujuan agar mampu menyediakan tingkat pelayanan prima dengan biaya yang paling efesien”. (Prawoto , (2011)  

2. Menurut Hastings manajemen aset adalah serangkaian kegiatan yang terkait dengan (1) mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan aset, (2) mengidentifikasi kebutuhan dana, (3) memperoleh aset, (4) menyediakan sistem dukungan logistik dan pemeliharaan untuk aset, (5) menghapus atau memperbaharui aset sehingga secara efektif dan efisien dapat memenuhi tujuan. (Hastings, Nicholas A. John, (2010)

3. Menurut Paralez dan Muto manajemen aset adalah "Asset Management is a way of doing business that maximizes the public's return on their investment in utility infrastructure by implementing utility-wide strategies that emphasize reliability in the assets and processes so that the desired levels of service are provided to our customers in the most cost effective manner." (Paralez dan Muto dalam Grigg, Neil S , 2012:64)

4. Menurut Dr. A. Gima Sugiama manajemen aset adalah ilmu dan seni untuk memandu pengelolaan kekayaan yang mencakup proses merencanakan kebutuhan aset, mendapatkan, menginventarisasi, melakukan legal audit, menilai, mengoperasikan, memelihara, membaharukan atau menghapuskan hingga mengalihkan aset secara efektif dan efisien. (Sugiama, 2013:15)

Efektif adalah pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan sebelumnya.
Efisien adalah pengeluaran sumber daya serendah mungkin dalam menghasilkan hasil yang maksimal.



Daftar rujukan :

-          (Prawoto,A (2011) ,"Lifecycle Sustainability Asset Management")
-          (Hastings, Nicholas A. John, (2010), Physical Asset Management)
-          (Grigg, Neil.S, (2012), Water, Wastewater, and Stormwater Infrasturcture Management, Second Edition, IWA Publishing, London)
 -          (Sugiama, A. Gima (2013) , Manajemen Aset Pariwisata, Guardaya Intimarta, Edisi 1, Bandung). 




3 komentar: